Berbagai Macam Jenis Pakan Pada Ayam Kampung Yang Sering Diberikan . Mulai Dari Stater (DOC) Sampai Finisher

Berbagai Macam Jenis Pakan Pada Ayam Kampung Yang Sering Diberikan . Mulai Dari Stater (DOC) Sampai Finisher. Peranan pakan sangat besar dalam menunjang keberhasilan suatu ternak! Apapun itu jenis ternak nya peran pakan mencapai 80% dalam menunjang keberhasilan ternak.

Pakan yang diberikan pada ayam tidak boleh sembarang! Jika ingin ayam yang dibudidayakan berkembang dan berproduksi dengan maksimal maka perlu diperhatikan kualitas pakan yang diberikan pada ayam. 

Pakan yang baik adalah pakan yang memenuhi standar gizi dan nutrisi ayam seperti; lemak, protein, serat kasar, abu, asam amino, dan berbagai vitamin.

Penting untuk diketahui bagi sahabat Talitakum yang ingin terjun kedalam dunia usaha budidaya ayam jenis-jenis pakan apa saja yang diberikan pada ayam mulai dari masa stater, grower sampai dengan masa finisher.

Pemberian pakan pada ayam dibedakan kedalam 2 tahapan sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pertumbuhannya. Tahapan pertama biasa disebut stater ayam berusia 1-20 hari, maka pakan yang diberikan harus memiliki kadar protein minimal 23% sedangkan tahapan kedua disebut dengan grower (pertumbuhan), pada tahapan ini kadar yang dibutuhkan sekitar 20%.

Bentuk dan Jenis Pakan

1. Crumble (Berbentuk Butiran Pecah) 

Bentuknya hampir sama dengan pelet perbedaanya crumbel berbentuk butiran biji pecah seperti pakan katul jagung. jenis pakan pabrikan BR-1 merupakan contoh dari pakan jenis crumbel.

2. Pelet (Butiran)

Pelet merupakan pakan berbentuk butiran, pelet biasa diberikan pada masa grower dan finisher saja. Jenis pakan pelet tidak cocok untuk anakan ayam.

3. Tepung atau Mesh

Jenis pakan ini berbentuk tepung. Pakan ini cocok diberikan pada anakan ayam berusia 1-20 hari. Pakan jenis ini tergolong murah namun kelemahannya pakan tepung sering terurai atau terbuang akibat dari kebiasaan ayam mengais-ngais makanan.

Berikut Ini Berbagai Macam Jenis Pakan Yang Sering Diberikan Pada Ayam Kampung.

~Tepung Ikan~


Sumber Gambar : Drakemedia.net

Tepung Ikan merupakan pakan yang berasal dari ikan afkir atau ikan tak layak konsumsi. Tepung ikan sedikit berbau amis, namun pakan ini cukup rekomendasi untuk diberikan pada ayam karena mengandung mineral 100-200 gr/kg. 

Kualitas tepung ikan yang baik biasanya memiliki kandungan lemak 6% dan kandungan garam 4%.

~Tepung Keong Mas~


Koleksinya ArenaWanita.com

Pakan ini termasuk pakan murah meriah karena Keong mas banyak ditemukan di sawah, namun jangan anggap remeh karena keong sawah memiliki kadar protein 52%. 

Cara pembuatan tepung keong mas tidak sulit, keong mas yang telah dikumpul kemudian direndam dulu pada air jangan lupa masukan garam agar kotoran dan lendir nya keluar. Setelah dicuci bersih rebus keong mas, lalu ambil cangkangnya. Cangkang kemudian dijemur sampai kering, setelah itu baru dapat di giling hingga membentuk tepung yang halus.

~Dedak Padi~


Gambarnya okdogi.com

Dedak padi merupakan sisa hasil olahan penggilingan padi. Dedak padi terbagi dalam dua jenis yaitu kasar dan halus. Saya menyarankan kepada sahabat untuk menggunakan dedak halus saja jika ingin dijadikan pakan ayam.

Kandungan serat pada dedak padi sekitar 11%-12% oleh karena itu pemberiannya perlu dibatasi pada anakan ayam, kandungan serat yang cukup tinggi tidak baik pada anakan ayam karena sulit untuk dicerna.

~Jagung~


Punya Duniaternak.com

Jagung merupakan salah satu pakan yang paling sering diberikan pada ayam. Kandungan gizi pada jagung cukup tinggi dan menjadi salah satu sumber energi pada ayam karena kandungan karbohidrat yang dimiliki.

Namun sangat disayangkan harga jagung di pasaran cukuplah tinggi oleh karena itu peternak ayam perlu mengakali pemberian jagung dengan cara mencampurkan dengan pakan lainnya.

~Singkong~

Singkong menjadi salah satu cara untuk menekan harga pakan. Harga singkong dipasaran cukuplah murah, singkong dapat langsung diberikan pada ayam dengan cara dikupas dan dipotong atau dicacah sekecil-kecil mungkin.

Tetapi ada sebahagian peternak mengolah dengan cara dijemur terlebih dahulu dan dijadikan gaplek untuk mengurangi kandungan zat nutriannya. Penggunaan singkong sebaiknya dibatasi maksimal 20% dari berat pakan.

~Pollard Gandum~



Polard gandum merupakan sisa-sisa hasil pengolahan gandum menjadi tepung terigu. Pollard gandum memiliki kandungan protein sekitar 15%, kandungan serat 7-9% dan kandungan lemaknya 3-4%.

Penggunaan pollard gandum juga perlu dibatasi karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang cukup tinggi inilah yang kurang baik diberikan pada anakan ayam.

Berikut Ini Saya Kasih Formula Pemberian Pakan Pada Ayam. Formula ini berdasarkan pengalaman oleh peternak yang saya wawancarai. 

*Boleh dijadikan sebagai bahan referensi.

# Formula 1

Jagung 50 kg dan BR-1 50 Kg memiliki protein 15% dan energi metabolisme 2925 kcal/kg.

# Formula 2

Jagung 63 Kg, BR-1 32 Kg dan Susu ternak 5 Kg memiliki protein 14% dan energi metabolisme 3060kcal/kg.

CONTOH Cara Pengaplikasian Pakan: 

Masa stater (I) 1-7 hari ~ Pakan yang diberikan tepung ikan/keong

Masa Stater (II) 8-14 hari ~ Pakan full BR-1

Masa Grower 15-30 hari ~ Pakan Formula 1

Masa Grower-Finisher 1 bulan keatas ~ Pakan Formula 2

Perhitungan diatas hanya sebagai contoh refernesi saja, untuk kebutuhan 100 ekor ayam. Untuk lebih sukses dan memperoleh hasil maksimal sesekali ayam perlu diberikan pakan sayur-sayuran hijau yang diperoleh dari sisa-sisa sayuran yang tidak laku di pasaran.

Batasan Penggunaan Bahan Pakan Ayam 

Intinya dalam suatu ternak itu 80% penunjang keberhasilan ialah pakan. Pemberian pakan yang baik dan sesuai kebutuhan nutrisi akan menghasilkan pertumbuhan ayam sesuai dengan yang diharapkan.

Namun perlu juga diperhatiakan, pemberian pakan pada ayam harus di management dengan baik! Jangan sesekali mengabaikan batasan pemberian pakan pada ayam, karena dapat mengakibatkan kerugian akibat pakan bersisa dan berdampak buruk juga bagi kesehatan ayam.

Diatas sudah saya tuliskan pemberian pakan sebaiknya disesuaikan dengan jenis-jenis nya dan berapa batasan % maksimalnya. Salah satu contoh jika ingin menggunakan pakan jenis dedak/bekatul sebaiknya maksimal 30% dari berat total yang diberikan per hari nya.

Demikianlah seputar informasi mengenai" Berbagai Macam Jenis Pakan Pada Ayam Kampung Yang Sering Diberikan . Mulai Dari Stater (DOC) Sampai Finisher" yang dapat saya bagikan bagi sahabat Talitakum. Semoga Bermanfaat..

Heiiii tunggu dulu!! jangan lupa baca beberapa sajian artikel terbaik dari Kami..


~Panduan Lengkap Bagi Pemula Budidaya Belut Menggunakan Air Bersih!! 

~Tehknik Pembenihan dan Pemijahan Ikan Nila Agar Menghasilkan Anakan Yang Berkualitas 

~6 Teknik Budidaya ulat Hongkong Yang Benar. 

~Cara Membuat Pakan Pelet Sendiri. Untuk Mengatasi Harga Pakan Yang Semakin Melonjak Naik!! 

~Mengenal Jenis-Jenis Pelet Yang Biasa Diberikan Pada Ikan. Mulai Dari Masa Pembibitan sampai Masa Pembesaran.. 

~Asal Anda Tahu Begini Cara Membuat Pakan Alternatif Dari Ampas Tahu.

Sumber : Litbang pertanian.go.id dan beberapa praktisi peternak lainnya.

Suka dengan Artikel ini? Silahkan Subscribe dan masukkan alamt email, lalu jangan lupa dikonfirmasi. Kami akan kirimkan artikel GRATIS melalui email sahabat!

Jika dirasa bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ya! Biar semakin banyak yang mengetahui nya.. Cukup klik kata share dibawah ini.

5 Responses to "Berbagai Macam Jenis Pakan Pada Ayam Kampung Yang Sering Diberikan . Mulai Dari Stater (DOC) Sampai Finisher"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. ZeusBola - Bandar Judi Terpercaya
    Proses Cepat Dan Tanpa Ribet
    Bisa Deposit Pakai Pulsa
    Dapatkan Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    Pendaftaran : http://zeusbola.co

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    TELEGRAM : +62 81333555996

    DEPOSIT PULSA TANPA POTONGAN

    BalasHapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!