KIAT SUKSESS BUDIDAYA IKAN NILA MERAH BAGI PEMULA!!

KIAT SUKSESS BUDIDAYA IKAN NILA MERAH BAGI PEMULA!! - Budidaya ikan menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikkan bagi seseorang baik yang kesusahan dalam mencari pekerjaan, ibu rumah tangga yang ingin memiliki penghasilan tambahan, sampai dengan para pensiunan yang ingin mencari hobi atau kegiatan setelah pensiun.

Setelah sebelumnya saya memberikan teknik budidaya belut dan lele kini saya ingin berbagi informasi mengenasi salah satu budiaya yang tak kala menarik lainnya yaitu budidaya ikan nila merah.

Bahan bacaan jika tertarik : Budidaya Belut Air Bersih & Budidaya Lele Panen 3 Bulan!!


Nila merah memiliki banyak peminat fanatik selain rasanya yang gurih dan nikmat ikan ini juga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan, bahkan nila merah mampu meningkatkan kecerdasan anak.

Budidaya Nila Merah, Anda Tertarik??

 Budidaya ikan merah tidaklah sulit, jika kolam nila benar-benar mendukung maka dapat dipastikan pembesaran nila dapat berjalan sesuai target yang diinginkan. Maka dari itu setingan kolam harus benar-benar diperhatikan. Karena disininilah kunci suksess budidaya nila merah.

Kiat Membuat Kolam Nila yang Baik

Tadi sudah saya katakan jika kolam yang dibuat dalam budiaya mendukung maka budiaya dapat berjalan dengan baik, berikut ini adalah tips bagaimana cara membuat kolam yang baik:

Air kolam yang baik adalah air yang memiliki sumber oksigen yang berlimpah, selain itu air juga harus memiliki pH normal yaitu pH 7. Maka dalam budidaya nila pompa air sangat penting untuk menunjang ketersediaan oksigen dalam air. Saya juga menyarankan air yang digunakan adalah air tanah atau air sumur, apabila air yang anda gunakan berasal dari PDAM sebaiknya harus melalui tahap pengelolahan khusu terlebih dahulu.

Kolam yang digunakan dalam budiaya nila dapat anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Bagi pemula karena memiliki modal yang terbatas biasa menggunakan kolam terpal, tetapi jika ingin mengembangkan dalam skala besar dan tujuan yang lama maka kolam beton pilihan yang tepat. 

Begitu juga dengan ukuran kolam dapat anda sesuaikan dengan bibit yang ingin anda tebar. Untuk ukuran 4M*5M anda dapat menebar 700-1000 ekor bibit nila merah.

Berikut Setingan Kolam Yang Benar

Setingan Kolam terdiri dari persiapan kolam dan pemupukan kolam.
 
1. Bersihkan, Jika kolam dibuat dari terpal maka terpal harus dicuci dengan sabun dan air bersih terlebih dahulu, lalu rendam selama seminggu agar bahan kimia dan bau sabun tidak tercium lagi, jika kolam dari beton maka cuci dengan gedebong pisang lalu rendam seminggu bersama dengan gedebong pisang agar kandungan semen hilang.

2. Pemberian Pupuk Pada Dasar Kolam, Dasar kolam harus diberi pupuk kandang yang sudah difermentasi, lalu diatasnya ditaburi kapur pertanian, setelah itu isi air hingga ketinggian 70-80 cm tambahkan 7 tutup botol EM 4 lalu kolam dibiarkan selama 1-2 minggu agar kolam terfermentasi dengan baik dan menumbuhkan plankton sebagai pakan awal bibit nila merah.

Masuk Ke Teknik Penebaran Benih

Setelah kolam siap untuk digunakan, maka langkah selanjutnya ialah penebaran benih. Saran saya usahakan terlebih dahulu kolam ready setelah itu baru pesan benih nila merah.
 

Benih yang baru datang jangan langsung dimasukkan kedalam kolam, tetapi masukkan benih pada saat masih didalam plastik, biarkan sekitar 30 menit agar benih tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Setelah 30 menit ikat plastik dapat dibuka dan biarkan benih keluar secara perlahan dari plastik tersebut.

Perawatan 

Perawatan yang terpenting ialah pengaturan air. Pada satu bulan pertama ketinggian air sekitar 80 cm tetapi setelah memasuki bulan kedua ketinggian air bisa dinaikkan hingga 1m -1.3m. 
Selain itu pompa air diperlukan untuk menjaga suhu dan kandungan oksigen dalam air. Pompa dapat dihidupkan pagi pukul 07.00 s/d 10.00 dan sore pukul 17.00 s/d 19.00. Tetapi jika sudah memasuki bulan ke tiga anda dapat menghidupkan pompa sekali saja pagi atau sore sama baikknya.

Pemberian Pakan

Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Pemberian pakan dapat dilakukan pukul 07.00 atau 17.00
Karena nila merah merupakan ikan yang cukup rakus maka pakan yang diberikan bisa bervariasi seperti: pelet, ampas kelapa, pasta buatan, cacing lumricus, cacahan bekicot, jangkrik, ulat hongkong, ulat jerman, sayur-sayuran seperti kangkung, sawi, daun pepaya, dll.

Penanggulangan Hama dan Penyakit

Jika ikan yang kita budidayakan sehat maka dapat dipastikan akan kebal tehadap penyakit, namun jika ada yang terlihat lemas dan tidak aktif dapat anda pisahkan lalu diobati dengan garam dapur atau kalium permangat.

Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin perlu juga dilakukan agar nila merah sehat dan kebal terhadap penyakit. Vitamin banyak dijual di toko ternak atau dapat anda buat sendiri.

Panen Nila Merah

Sukacita panen merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu setiap pembudidaya. Pemanenan nila dapat dilakukan pada umur 6-7 bulan tergantung permintaan dan perawatan pada saat pembudidayaan. 

Kalau harga jual cocok tinggal angkut, hehehe.

Sekedar Info anda dapat membeli bibit disini : http://www.bibitikan.net/


Semoga bermanfaat..
Jangan lupa di Share ya Sob..!

Salam..

1 Response to "KIAT SUKSESS BUDIDAYA IKAN NILA MERAH BAGI PEMULA!!"

  1. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. Jika anda gemar memancing, kunjungi website kami untuk tahu rahasia mendapat hasil ikan Mas berlimpah http://tokoaquatic.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    BalasHapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!