Sekali Siklus Panen Budidaya Gurame Mampu Menghasilkan Puluhan Juta Rupiah. Pelajari Yuk Bagaimana Teknik Budidayanya.

Walaupun peminat budidaya ikan gurame tidak sebanyak pembudidaya ikan air tawar lainnya (seperti Ikan mas, nila, lele, bawal,) bukan berarti ikan ini tidak memiliki potensi pasar yang menjanjikkan.

Memang pembudidaya ikan gurame tidak sebanyak ikan lainnya hal ini dikarenakan budidaya ikan gurami memakan waktu yang cukup lama tetapi perlu diketahui harga ikan ini tidak pernah turun dan cenderung stabil dikalangan restoran mewah dan hotel-hotel berbintang.

Ikan gurame juga tergolong kedalam ikan kelas menegah keatas, kita bisa lihat di restoran-restoran terkenal harga ikan gurami satu porsi berapa? Pasti harganya cukup mahal bukan?

Bagi anda yang memiliki lahan yang cukup luas saya menyarankan ada baiknya membudidayakan ikan ini, karena semakin luas kolam anda semakin banyak ikan yang dapat dibudidayakan, tentunya semakin besar pundi-pundi rupiah yang anda peroleh.

Teknik Budidaya

Persiapan Lahan

Salah Satu bagian dari keberhasilan budidaya ikan gurame terletak pada pengaturan kolam. Pengaturan kolam yang benar akan membuat ikan merasa nyaman, ikan juga dapat dengan mudah beradaptasi sehingga tingkat kematian dapat ditekan.

Berikut ini adalah tahapan yang harus kamu ikuti :

1. Perawatan Lahan

Sejatinya ikan gurame dapat dibudidayakan diberbagai media seperti kolam tanah, kolam beton, maupun kolam terpal anda dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. 


Lahan yang ingin dijadikan kolam gurami harus mendapat perlakuan khusus yaitu taburi dasar lahan dengan kapur pertanian atau garam grasak tujuannya untuk membasmi penyakit, jamur, dan patogen yang merugikan pada lahan.

2. Pengaturan Ketinggian Kolam

Luas dan lebar kolam dapat anda sesuaikan dengan lahan yang dimiliki yang terpenting ialah kedalaman kolam dan ketinggian air. Ketinggian air berbeda-beda sesuai dengan umur benih.
Untuk Benih baru ditebar dapat diberi ketinggian 40-60 cm air dan setiap bulannya ketinggian air dinaikkan sekitar 10-20 cm hingga mencapai ketinggian maksimal 120 cm.

3. Pemupukan dan Penggemburan Lahan

Setelah selesai pengapuran lalu masuk ketahap pemupukan lahan.
Masukkan pupuk kandangyang sudah dijemur selama 2 minggu kedalam kolam, tambahkan 100 gr pupuk urea, lalu isi kolam dengan air setinggi 5 cm tambahkan EM4 berwarna kuning lalu kolam didiamkan selama 1 minggu. Tujuannya agar terjadi fermentasi dan mengembangbiakan plankton-plankton pada kolam.

Setelah kolam didiamkan selama 1 minggu sekarang siap untuk penebaran benih ikan gurami.

4. Pendederan Benih Gurame

Contoh Bibit Ikan Gurame
Setelah kolam siap untuk digunakan, maka langkah selanjutnya ialah penebaran benih. Saran saya usahakan terlebih dahulu kolam ready setelah itu baru pesan benih gurami.
 
Benih yang baru datang jangan langsung dimasukkan kedalam kolam, tetapi masukkan benih pada saat masih didalam plastik, biarkan sekitar 30 menit agar benih tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Setelah 30 menit ikat plastik dapat dibuka dan biarkan benih keluar secara perlahan dari plastik tersebut.

Padat penebaran benih dapat disesuaikan untuk ukuran kolam
6m*5m dapat ditebar ikan sekitar 800-1000 sekor atau 7m*10m dapat ditebar ikan sebanyak 1500-2000 ekor.

Benih yang baru datang jangan langsung dimasukkan kedalam kolam, tetapi masukkan benih pada saat masih didalam plastik, biarkan sekitar 30 menit agar benih tersebut menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Setelah 30 menit ikat plastik dapat dibuka dan biarkan benih keluar secara perlahan dari plastik tersebut.

Perawatan Benih

Perawatan ikan gurame tidaklah sulit yang terpenting anda lakuka ialah menjaga agar pH air tetap stabil. Anda dapat memasukkan daun pepaya kedalam kolam sebagai penetral pH dan sesekali air pengaturan sirkulasi air dapat dilakukan dengan menggunakan pompa air tujuannay agar kandungan oksigen dalam air tercukupi.

Selain itu jangan lupa sesekali masukkan vitamin kedalam kolam agar benih tetap sehat, vitamin dapat anda buat sendiri atau membelinya di toko pakan ternak

Pemberian Pakan

Pemberian pakan gurame dapat dilakukan dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Pemberian pakan berupa pelet, cacing lumricus, ulat-ulat, seai itu sayur-sauran seperti kubis, sawi, selada air, kangkung. Sebaiknya pemberian pakan diselang-seling agar ikan gurami tidak bosan dengan pakan yang itu-itu saja. 

Sesekali EM4 berwarna merah jambu (pink) diberikan untuk memacu pertumbuhan dan menjaga agar ikan tetap nafsu makan. cara penggunaanya dapat dilihat aturan pakai.

Proses Paling Dinantikan "Pemanenan"

Ikan Gurami Bobot Per Ekor Mampu Mencapai 1 Kg
Hal yang paling dinantikan setiap pembudidaya ikan ialah proses pemanenan. Pemanenan ikan gurami pada umumnya dilakukan pada umur 10 -12 bulan. Pada umur tersebut bobot per ekor gurami berkisaran diantara 800 gr - 1 kg per ekornya tergantung bagaimana perawatan anda selama budidaya berlangsung.

Jika waktu panen tiba sebaiknya anda sudah memiliki link kemana ikan akan diangkut, kalau harga cocok sesuai dengan analisi budidaya maka dapat langsung angkat

Anda juga dapat menjual ikan langsung ke restoran-restoran maupun hotel tetapi jika dijual ke restoran dan hotel usahakan budidaya tidak terputus artinya anda harus bisa memasok rutin per minggu atau per bulannya.

Analisis Budidaya Ikan Gurami

1. Kolam ukuran 7 x 10 meter dengan kedalaman air 120 cm

2. Ukuran bibit 5cm sebesar kuku jempol ditebar sebanyak 2000 ekor


3. Pakan apung merek pf.1000 isi 10kg/sak. harga persak 130 ribu membutuhkan 3 sak.


4. Pakan tambahan alami bias di berikan daun keladi dan daun kangkung, sawi, dll.


Data Pengeluaran :

Bibit ukuran 5cm * Rp. 2.000 = 1.000.000
Pakan 10 kg 3 sak 5*30 Rp. 130 = 650.000
Pakan Tambahan = 350.000
Vitamin + Obat-obatan = 200.000

Total Pengeluaran Rp. 2.200.000,00

Data Pemasukan :

Harga Konsumsi gurami Rp. 30.000-35.000 /kg

Perkiraan Hasil Panen : Panen 1 kg isi 2-3 ekor. Kita ambil yang 3 ekor saja. Jadi 2000 ekor : 3 Ekor = 666 Kg

Harga Jual kita ambil yang terendah 
Rp. 30.000 * 666 Kg = Rp. 19.980.000

Maka Pemasukan - Pengeluran 
19.980.000 - 2.200.000 = Rp. 17.780.000 ( Tujuh belas juta tujuh ratus delapan puluh ribu rupiah)

Estimasi perhitungan diatas dengan harga minimal dan bobot terkecil yaitu 3 ekor / kg nya. Jika diambil harga maksimal dan bobot maksimal 2 ekor/ kg nya bisa anda kalikan sendiri berapa keuntungannya??

Itu hanya satu kolam, bagaimana jika ada 10 kolam??
Ratusan juta menanti anda bukan?? 


Nb: Diolah dari berbagai sumber..


Semoga Bermanfaat & Jangan Lupa Di share ya sobat

Salam dari kami..

7 Responses to "Sekali Siklus Panen Budidaya Gurame Mampu Menghasilkan Puluhan Juta Rupiah. Pelajari Yuk Bagaimana Teknik Budidayanya."

  1. Mbok ya mikir klo menganalisa
    Masa pakan hanya 3 sak, padahal masing 1sak isi 10kg, klo butuh 3 sak brati total hanya 30kg buat ngasih makan gurame, terus hasil panennya bisa 666kg, itu itungan dari mana kayak gt haha
    Klo memang seperti itu 30 kg aja ditambah makan dedaunan butuh waktu 1 tahun lebih.
    Hadeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt bibit 2000 pling tidak hingga masa panen membutuhkan pling tidak 28 sak ., sedang 1 sak pakan gurami yg biasa au beli harga na 263 ... Blom lagi biaya diesel buat buat buang air dan ngisi kolam na

      Hapus
    2. 30kg pf1000 klo untuk 2000 paling cukup untuk satu bulan pertama, kalau memang keuntungan nya sebesar itu petani gurame udah pada tinggal di rumah mewah

      Hapus
  2. 40 : 60 om
    Gurame membutuhkan pakan hewanin 40% pelet dan 60 nabati (sayur dan tumbuhan). .

    BalasHapus
  3. Gurame 2000 cuma butuh pakn 30kg wowwww fantastic,1tahun bs pnen lgi,faktanya apa bisa

    BalasHapus
  4. Pakan kl 3 kwintal masuk skal untuk 1 tahun.. itu bsa lbih 40 kg lah kalau toh di bantu dengan pakan dedaunan yg di selang 3 har sekali..metode yg lainnya semua bsa jdi inspirasi..

    BalasHapus
  5. Visit website kami untuk mengetahui informasi lebih tentang cara budidaya ikan gurame

    BalasHapus

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!