Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula

Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula -  Apakah anda pernah mencicipi rasanya ikan bawal?? Lalu bagaimana rasanya? Jika anda mengatakan sangat gurih dan nikmat berarti kita sependapat.

Ikan Bawal Siap Panen. Menggiurkan Sekali bukan??
Tidak hanya gizinya yang cukup tinggi ikan bawal juga memiliki daging yang cukup tebal dan teksturnya juga sangat empuk. Inilah salah satu faktor penyebab begitu banyak peminat ikan bawal.

Tidak heran banyak peternak ikan membudidayakan ikan ini, dikarenakan permintaan pasar yang cukup tinggi, harga yang stabil dan teknik budidayanya juga tidak susah.

Langsung Saja ya saya beri tips "Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula"

Teknik Budidayanya

Persiapan Kolam

Ikan bawal dapat dibudidayakan di kolam terpal, beton maupun tanah anda dapat menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Jika dikolam terpal pastikan terpal dicuci bersih dengan sabun dan direndam dalam air sampai tidak tercium bau sabun dan kimia pada terpal, jika dikolam beton bersihkan kolam dengan gedebong pisang dan rendam selama satu minggu agar bau semen dan kandungan kimia pada semen tersebut hilang.

Disinilah Letak Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal. Khusus Bagi Pemula Agar Memperhatikan Tahapan Ini!!
Ukuran kolam dapat anda sesuaikan dengan padat penebaran bibit, pada umumnya padat tebar 100-150 ekor per meternya. Ketinggian kolam dapat disesuaikan dengan umur bibit, pada satu bulan pertama ketinggian air setinggi 50-60 cm, dibulan kedua 80-90 cm dibulan ketiga dan seterusnya dapat disesuaikan maksimal ketinggian 1.2 m.

Dasar Kolam perlu diberi pupuk sebagai pakan awal bibit ikan, anda dapat menggunakan pupuk kandang (sapi) atau TSP. Jika menggunakan pupuk kandang pastikan pupuk sudah dijemur 1-2 minggu agar kandungan amoniaknya hilang.

Tebar pupuk merata didasar kolam beri kapur pertanian per meter 100-200 gr lalu isi air dengan ketinggian 5 cm, pada hari ketiga naikkan menjadi 20 cm, naikkan lagi menjadi 50 cm di minggu pertama. Pertahankan sampai minggu kedua ikan siap ditebar.

Masuk Ketahapan Penebaran Bibit

Setelah kolam siap digunakan lalu tahapan selanjutnya ialah penebaran bibit. Bibit ditebar sesuai dengan ukuran kolam, teknik penebaran awal biarkan bibit dimasukkan kedalam kolam bersamaan dengan plastiknya diamkan selama 30 menit agar bibit dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah itu karet pengikat dapat dibuka biarkan bibit keluar secara perlahan-lahan.

Perlu diperhatikan pemilihan bibit haruslah bibit unggul agar kualitasnya lebih terjamin dan mengurangi resiko kematian ikan bawal tersebut.

Perawatan Bibit

Perawatan ikan bawal tidaklah sulit jika sudah melewati satu bulan pertama atau masa kritis makan dapat dipastikan tingkat kematian sudah sangat kecil.

Kunci perawatan bibit ada pada pompa air, dalam budidaya bawal pompa air sangat berguna untuk menjaga kualitas air dan kandungan oksigen dalam air tersebut, selain itu pompa bertujuan agar air terus bergerak sehingga ikan bawal juga ikut bergerak. Pompa dapat dihidupkan 1-2 jam dipagi hari dan 1-2 jam disore hari.

Pemberian Pakan

Disetiap budiaya ikan satu hal yang selalu saya tekankan ialah pakan awal harus sudah ada terlebih dahulu sebelum budiaya ikan dimulai. Mengapa?? Hampir 90% pembudidaya ikan gagal karena tidak melakukan ini. Intinya jangan terburu-buru dalam melakukan budidaya.

Pada intinya mereka kewalahan dalam memenuhi pakan banyak pembudidaya tekor malah rugi diakibatkan membeli pakan pellet yang mahal padahal sebenarnya ikan bawal merupakan ikan yang sangat rakus.

Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari sesuai dengan berat tubuh ikan bawal, pakan yang diberi dapat berupa pelet, cacing lumricus, ulat hongkong, bekicot, sayur-sayuran seperti sawi, kangkung, dll.

Saya menyarankan sebelum budidaya ada baiknya anda membudidayakan cacing lumricus, bekicot, ulat jerman dan hongkong. Tujuannya agar mengurangi biaya pakan.

Baca ini !!

Pemanenan

Jika sudah tiba masanya panen adalah waktu yang paling dinantikan anda dapat memanen ikan sesuai dengan permintaan pasar.Biasanya dalam waktu 5-6 bulan ikan siap panen, jika sudah ada yang menawar dan harga cocok tinggal angkut saja.

Teknik pemanenan?? Ah masa harus dikasitahu lagi, sikat aja bro!! hehe

Just Info Anda dapat membeli bibit di : http://www.bibitikan.net/

Semoga Bermanfaat..
Jangan Lupa di Share ya sobat..
Salam..

0 Response to "Kunci Suksess Budidaya Ikan Bawal Bagi Pemula"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!