TIPS SUKSESS 3 BULAN PANEN LELE DENGAN HASIL MEMUASKAN !!

Pada saat anda berbelanja kepasar ikan budidaya apa yang paling banyak anda jumpai?? Lele?? Jika ia berarti kita sependapat. 

Lele mrupakan ikan air tawar yang sangat banyak dibudidayakan, selain memiliki kandungaan gizi yang cukup baik, teknik pemeliharaan ikan ini tidaklah sulit. Pembudidayaan ikan lele juga sangat praktis, lele dapat dibudidakan pada kolam terpal, beton, dan kolam tanah.

Berikut saya akan memerikan tips suksess 3 bulan panen lele dengan hasil yang memuaskan

Persiapan Awal

1. Pemilihan Lokasi

Lokasi salah satu pendukung faktor pertumbuhan ikan lele, usahakan lokasi agar tidak terpapar langsung sinar matahari karena jika itu terjadi ikan akan berada didalam air sepanjang hari akibat sinar matahari langsung. Maka pilihlah lokasi rindang dan sejuk agar ikan aktif bergerak. Jika tidak ada lokasi rindang dapat anda akali dengan menanam pohon-pohon atau memberikan paranet.

Selain itu usahakan lokasi dekat dengan sumber air, pergantian air penting agar unsur hara dalam air tetap terjaga selain itu pergantian air bertujuan untuk mengurangi sisa pakan atau kotoran ikan lele.

2. Persiapan Kolam

Contoh Kolam Terpal
Selanjutnya ialah pembuatan kolam, kolam yang dibuat dari terpal dengan ukuran P X L X T = 5 X 4 X 1.5 atau sesuaikan dengan banyak bibit yang anda miliki. ukuran diatas dapat ditebar dengan kapasitas 500 bibit ikan.

Perlu diketahui sebelum menggunakan terpal sebaiknya terpal dicuci dahulu dengan sabun sampai bersih, usahakan bau sabun juga tidak ada lagi, setelah itu terpal dijemur 1 hari

Setelah terpal dibentuk, isi air setengah lalu bisa juga ditambah dengan gedebong pisang, diamkan selama 3 hari, lalu air dibuang kembali, agar dipastikan bau sabun dan bahan kimia benar-benar tidak ada.

setelah air dikuras kemudian isi kembali kira-kira 20-30 cm kolam  lalu masukkan ampas kelapa, diamkan selama 1 minggu. Fungsi dari ampas kelapa + EM4 fungsinya ini ialah sebagai pakan awal bibit ikan tersebut.

Langkah Selanjutnya

3. Penebaran Benih

Benih Ikan Lele
Benih yang kita peroleh sebaiknya jangan langsung ditebar, biarkan benih selama 20-30 didalam box plastik masukkan kedalam kolam agar benih menyesuaikan dulu dengan lingkungan barunya.

Setelah 20-30 menit box plastik dapat dibuka dan benih siap ditebar dalam kolam, sebaiknya penebaran benih dilakukan perlahan-lahan biarkan benih ikan tersebut keluar dari dalam box agar lebih alami dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan barunya.

Saya menyarankan penebaran bibit dilakukan pagi hari pukul 07.00 atau sore pukul 18.00. Hal ini penting untuk mengurangi tingkat stress pada bibit ikan.

4. Perawatan

Perawatan ikan lele tidaklah susah anda hanya perlu meperhatikan kualitas air dan pemberian pakan secara teratur.

Sejatinya ikan lele tidak memerlukan pompa air tetapi saya menyarankan pompa air penting agar kualitas air terjaga dan mempercepat pertumbuhan ikan, karena dengan adanya pompa ikan akan lebih aktif untuk bergerak.

Ketinggian air disesuaikan dengan umur ikan tersebut, setelah ikan berumur 1 bulan ketinggian dapat ditambah menjadi 60-70 cm, lalu setelah mencapai 2 bulan ketinggian bisa dinaikkan lagi menjadi 80-100 cm. 

5. Pemberian Pakan

Pemberian pakan merupakan rahasia kuci keberhasilan pertumbuhan ikan lele. Saya menyarankan pemberian pakan dilakukkan 2x sehari. Untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele dapat dilakukan dengan pemberian pasta ikan.

Selain pelet dan usus ayam pakan yang baik bagi lele adalah pakan hidup. Anda dapat memberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong, ulat jerman, ulat kandang, cacing lumricus, cacahan bekicot.

Pemberian pakan sesuaikan dengan berat ikan lele tersebut, jika anda menebar bibit diawal sekitar 1 kg maka 1 bulan pertama pakan yang diberikan ialah 200-300 gram sekali tebar, setelah 2 bulan pemberian pakan dinaikkan lagi menjadi 1/2 kg. 

Tips Bacaaan: Panduan Beternak Cacing LumricusBudidaya Ulat HongkongBudidaya Ulat Jerman

Seperti yang saya katakan diatas pemberian pakan sebaiknya diselang-seling agar ikan tidak bosan.  Maka saya menganjurkan sebelum anda membudidayakan ikan pakan harus tersedia terlebih dahulu agar kelak tidak kewalahan dalam hal pakan.
 
Pembuatan pasta ikan akan saya share di artikel berikutnya

6. Pemanenan.

Panen merupakan hal yang paling ditunggu oleh setiap pembudidaya ikan. Panen ikan lele dapat dilakukan setelah lele berumur 3 bulan, atau ukuran konsumsi. Biasanya ukuran komsumsi 10-12 ekor / kg nya. 

Saran saja sebelum anda panen pastikan ada pengepul yang siap menampung seluruh hasil ikan anda. Kira-kira harga cocok angkat barang begitulah bahsa pasarannya. hehehe

Semoga Suksess..
Salam..
 

0 Response to "TIPS SUKSESS 3 BULAN PANEN LELE DENGAN HASIL MEMUASKAN !!"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!