Sapi Perah Unggulan Dengan Produksi dan Kualitas Susu Terbaik !!

Talitakum IndonesiaSapi Perah Unggulan Dengan Produksi dan Kualitas Susu Terbaik. Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup tinggi (5 penduduk terbanyak di dunia) pastilah memerlukan asupan gizi/susu yang sangat banyak.

Kebutuhan susu di Indonesia masih terbilang sangat rendah bila dibandingkan dengan negara ASEAN. Setiap tahunnya kebutuhan susu di Indonesia hanya 11,09 Liter/Kapita sedangkan rata-rata negara ASEAN memerlukan setidaknya 20 Liter/Kapita/Tahun. Sangat jauh, bahkan hampir setengah nya bukan??

Sementara itu kebutuhan bahan baku pembuatan susu segar dalam negeri 3.3 juta ton/tahun, dengan pasokan bahan baku susu segar dalam negeri hanya 690 rb ton atau sekitar 21% dan sisanya 2.61 juta ton/tahun atau sekitar 79% masih harus diimpor dalam bentuk skim milk powder, dan butter milk powder dari berbagai negara seperti New Zelan, Australia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Melihat data diatas maka peluang usaha budidaya sapi perah cukup menjanjikan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi peternak sapi perah dalam negeri untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu segar yang berdaya saing tinggi sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan susu dalam negeri.

Sebelum memulai usaha beternak sapi perah ada baiknya sahabat Talitakum mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis sapi apa saja yang memiliki kualitas susu dan produksi susu terbaik.

1. Sapi Friesian Holstein FH 

Jenis sapi FH merupakan salah satu jenis sapi primadona di Indonesia, bahkan jenis sapi ini yang paling banyak diternakan. Mulanya sapi ini masuk ke Indonesia abad ke 18 pada saat masah penjajahan, tujuannya untuk memenuhi kebutuhan susu orang-orang Belanda.

Sumber: agrinak.com
Sapi FH sangat mudah dikenali dari corak warnanya yang dominan hitam-putih, memiliki ekor yang panjang, bobot tubuh besar (jantan mampu mencapai 1 ton dan betina 625 kg), bulu lebat dan kantong susu yang cukup besar.  Sapi FH juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam beradaptasi dengan lingkungan baru nya.

Kualitas susu sapi FH tidak perlu diragukan lagi, sapi jenis ini merupakan sapi dengan kualitas susu terbaik dan banyak dijadikan primadona di beberapa negara seperti Indonesia, Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Produksi susu sapi FH juga terbilang cukup banyak sekitar 5700/kg/ekor/tahunnya. Kadar lemak cukup rendah antara 3.5%-3,7%, lemak berwarna kuning dengan butiran-butiran kecil. Sehingga susu sapi FH sangat baik diminum pada saat masih segar. *tapi jangan keseringan ya. 

Tidak hanya sampai disitu salah satu kelebihan sapi FH ialah pertumbuhan bobot yang besar, sehingga afkiran jenis sapi ini sangat baik juga dijadikan sebagai sapi potong.

2. Sapi Brown Swiss 

Sesuai dengan namanya sapi brown swiss berasal dari Swiss dan merupakan salah satu jenis sapi tertua yang berasal dari jenis sapi liar Bos Taurus Longifrons. 

Biasanya sapi brown Swiss di lepas liarkan di lereng-lereng gunung, termasuk sapi yang jinak dan mudah di budidayakan. Warna tubuh bervariasi mulai dari warna coklat muda sampai coklat tua. 


Bobot sapi brown swiss tidak kalah jauh dengan jenis sapi FH, bobot pejantan mampu mencapai 900 Kg sedangkan betina nya 625 Kg. Selain diperah susu nya afkiran sapi jenis BS juga sangat baik dijadikan sapi potong karena bobot nya yang cukup besar.

Rata-rata produksi susu sapi BS 4925 kg/ekor/tahunnya dengan kadar lemak 4.1%, lemak berwarna agak putih. Kualitas susu sangat baik sehingga susu sapi BS sering dijadikan sebagai salah satu bahan utama pembuatan keju. 

3. Sapi Perah Ayrshire 

Jenis sapi ini berasal dari daerah ayr tepatnya Skotlandia. Masuk ke Indonesia sekitar tahun 1822, memiliki paduan warna yang bervariasi seperti merah dan putih, coklat tua dan putih, dan mahagoni dan putih.

Sapi perah ayrshire juga memiliki bobot tubuh yang cukup besar, untuk pejantan dewasa sekitar 700 kg - 1 ton, sedangkan betina dewasa sekitar 500 kg - 600 kg. Sapi jenis ini tergolong sapi yang sangat mudah kaget, sebaiknya jangan lakukan gerakan yang tiba-tiba membuat sapi ini kaget.


Sapi ayrshire mampu memproduksi susu sebanyak 4600 kg/tahun/ekor, dengan kadar lemak 3.8%-4%.

4. Sapi Perah Red Danish 

Sapi perah unggulan red danish berasal dari daratan Eropa bagian utara tepatnya Denmark. Jenis sapi ini banyak diekspor ke berbagai negara termasuk ke Indonesia karena kualitas susunya yang sangat baik, selain itu sapi jenis red denish juga banyak dikawin silangkan dengan jenis sapi lokal tujuannya untuk meninggkatkan kualitas sapi lokal.

Sapi red danish juga termasuk kedalam sapi berukuran besar, bobot sapi jantan mampu mencapai 1 ton, betina 660 kg dan anakan sapi yang baru lahir berkisar diantara 36 kg - 40 kg dengan kenaikan berat badan 1.4 kg/hari.

Gambar Ilmuternak.com

Red denish juga salah satu sapi yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dapat beradaptasi dengan baik sehingga tidak mudah terserang penyakit.


Kualitas susu sapi red denish sangat baik karena tinggi akan protein dan lemak. Sapi ini mampu meproduksi susu sekitar 4000kg/tahun/ekor dengan kadar lemak sekitar 4%.

5. Sapi Perah Gir 

Sapi gir termasuk kedalam kelas kerbau, berasal dari India bagian barat tepatnya di semenanjung Kathiawar.

Sapi gir memiliki tanduk, berwarna putih dengan bercak-bercak cokelat atau hitam. Salah satu kelebihan sapi jenis ini adalah termasuk sapi yang kuat dan banyak terdapat di daerah Sumatera Utara, selain diambil susunya sapi gir juga dijadikan sebagai hewan pembajak sawah dan pengangkut hasil pertanian.

Sumber : http://vrdyrndy.blogspot.co.id

Bobot sapi gir tidak terlalu besar, untuk pejantan bobotnya mencapai sekitar 600 kg sedangkan betina 400 kg dan rata-rata produksi susunya sekitar 2000 kg/tahun/ekornya dengan kadar lemak 4.5%-5%.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan kepada sahabat Talitakum Indonesia. Sebenarnya masih ada beberapa jenis sapi perah lainnya, tetapi menurut admin jenis-jenis sapi perah diatas yang memiliki produksi dan Kualitas susu terbaik.

Sumber :

Situs kemenperin dan diolah dari beberapa bacaan kredibel lainnya.

Terimakasih sudah berkunjung sahabat. Sebelum pergi jangan lupa dibaca dulu beberapa artikel menarik lainnya yang dapat menambah wawasan kamu.

~ 9 Jenis Sapi Potong Yang Paling Sering Dibudiayakan Di Indonesia. 

~ 6 Penyakit Yang Paling Sering Dijumpai Pada Ternak Sapi 

~ Mengenal Jenis-Jenis Bebek Petelur Unggulan Mulai dari Ciri dan Karakter nya. 

~ 6 Cara Tepat Membasmi Hama Gurem/Kutu Ayam. 

~ Selain Dapat Menghilangkan Penat 5 Jenis Ikan Lele Ini Harganya Fantastis Lho!! 

~ Kiat-Kiat Suksess Beternak burung Puyuh Bagi Pemula.  

Sahabat mau berlangganan Artikel GRATIS?? Gampang tinggal subscribe dan masukan alamat email sahabat, Kami akan kirimkan Artikel terbaik GRATIS!!

Jika artikel ini bermanfaat jangan sungkan klik tombol share untuk membagikannya. Saling berbagi itu indah loh..

0 Response to "Sapi Perah Unggulan Dengan Produksi dan Kualitas Susu Terbaik !!"

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!