5 PELUANG USAHA BUDIDAYA INI KALAU DIKEMBANGKAN MAMPU MENGHASILKAN OMSET RATUSAN JUTA LHO!! LIHAT YUK APA SAJA.

5 USAHA BUDIDAYA INI KALAU DIKEMBANGKAN MAMPU MENGHASILKAN OMSET RATUSAN JUTA LHO!! LIHAT YUK APA SAJA. Menurut survei yang dilakukan litbang jumlah pembudidaya dibidang pertanian kian menurun, saat ini 70% usia rata-rata pembudiaya dibidang pertanian berusia 40-55 tahun sedangkan 30% nya lagi berusia 30-40 tahun. 

Ini mengindikasikan bukan tidak mungkin 20-30 tahun kedepan penduduk Indonesia akan kekurangan pengusaha yang bergerak dibidang pertanian. Oleh karena itu bagi sahabat sekalian yang lagi bingung ingin memulai usaha apa, mungkin 10 usaha budidaya ini dapat membantu sahabat sekalian, percayalah jika ditekuni hasilnya pasti luar bisa.

berikut ini adalah 5 jenis usaha budidaya yang dapat sahabat pertimbangkan, semoga mendapat inspirasi.

1. Budidaya Belut

Saat ini masih sangat sedikit orang membudidayakan belut, hampir 85% kebutuhan belut berasal dari tangkapan alam. Di wilayah Jabodetabek saja kebutuhan belut mencapai 3-4 ton/hari, padang 4 ton/hari, Menado 2-3 ton/hari, Surabaya dan Yogyakarta masing-masing 1.5 ton/hari

Sayangnya dari kebutuhan yang begitu besar hanya 30-50 % yang masih dapat terpenuhi di pasaran. Itu juga 80% nya dari tangkapan alam.


Sementara pangsa ekspor seperti pasar Asia yang meliputi China, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, dan Malaysia membutuhkan 60 ton/hari belut segar dan 2-3 ton/hari belut beku.

Harga belut untuk pasar lokal selalu stabil dikisaran Rp. 50.00 - Rp. 60.000 / Kg nya sedangkan pasar ekspor Rp. 80.000 - Rp. 120.000/ Kg nya. Tergantung daerah tujuan ekspor.

Belum lagi hasil olahan belut yang cukup menjanjikkan karea kita tahu belut memiliki kandungan gizi yang sangat baik sehingga banyak dijadikan olahan makanan seperti keripik, abon, dan olahan lainnya.

Bagaimana sahabat, usaha yang sangat menjanjikkan bukan??

2. Budidaya Ayam Kampung

Saat ini memang sudah banyak pembudidaya ayam kampung, tetapi perlu diketahui kebutuhan akan konsumsi ayam setiap tahunnya naik 10-15 %, ini artinya prospek budidaya ayam kampung masih cukup menjanjikkan.

Dari budidaya ayam kampung semua dapat dijadikan pundi-pundi rupiah. Mulai dari pemanfaatan kotoran, telur, daging, bulu, ayam karkas atau olahan, anakan atau DOC. 


Harga ayam kampung di pasaran juga cukup stabil berkisar Rp. 50-60 rb/kg. Begitu juga dengan telurnya dikisaran Rp. 2500-300/ butir, sedangkan untuk DOC dijual dikisaran Rp. 8 rb -10 rb/ ekornya.

Bagaimana sahabat cukup menjanjikan bukan?

3. Budidaya Cacing Lumricus

Yupss benar sekali, sebahagian orang memang mengganggap cacing merupakan hewan yang menjijikan namun jangan salah budidaya cacing juga sangat menjanjikkan.

Pembudidaya cacing memang masih sangat sedikit oleh karena itu peluang pasar prospek budidaya ini masih boleh dikatakan basah atau menggiurkan.


Memang harga pasaran cacing berbeda-beda di Jawa harga cacing dikisaran 30-50 rb/ kg nya namun di daerah Sumatera harga cacing lumricus mencapai 80 - 100 rb/ kg nya.

Belakangan ini cacing sudah mulai banyak dikembangkan mengingat fungsinya sangat beragam. Mulai dari obat-obatan, bahan dasar kosmetik, pakan ikan, pakan burung, dll nya. Jika sahabat mampu membudidayakan cacing dalam skala besar dan memasok khusus ke pabrik kosmetik dan obat-obatan bukan tidak mungkin usaha ini menjadi pintu pemasukan utama.

4. Budidaya Ikan Gurame


Sahabat pasti tahu berapa harga ikan gurame di pasaran?? Harga gurame selalu stabil di kisaran 60 rb - 80 rb tergantung daerah masing-masing.

Salah satu kekurangan budidaya gurame adalah waktu panen yang cukup lama, yaitu 8 - 12 bulan sekali siklus panen nya, namun jika budidaya ikan dilakukan dengan sekala besar bukan tidak mungkin sekali siklus panen mampu meraup omset  ratusan juta rupiah.



Peluang ini dapat sahabat manfaatkan, mengingat budidaya ikan gurame tidaklah sulit. Ikan gurame memiliki tingkat daya tahan terhadap penyakit cukup tinggi, selain itu gurame juga termasuk ikan yang rakus dan mudah dibudidayakan jadi bagi pemula tidak perlu khawatir akan tingginya kematian pada gurame.

5. Budidaya Buah Naga

Nah buah naga merupakan salah satu buah yang lagi banyak diminati oleh masyrakat. Semenjak diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2000 buah ini memiliki banyak penggemar.


Harga buah naga di pasaran berkisar 20 rb - 30 rb tergantung daerah masing-masing. 

Buah naga memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, oleh karena itu buah naga banyak dijadikan cemilan atau berbagai olahan makanan kreatif.


Demikianlah informasi mengenai 5 usaha budidaya yang bila dikembangkan dengan baik mampu menghasilkan omset ratusan juta rupiah.

Salam suksess, semoga bermanfaat.


0 Response to "5 PELUANG USAHA BUDIDAYA INI KALAU DIKEMBANGKAN MAMPU MENGHASILKAN OMSET RATUSAN JUTA LHO!! LIHAT YUK APA SAJA."

Posting Komentar

Kami menerima kritik dan saran yang bersifat membangun
.
No SARA and RASIS.

Berkomentarlah dengan Bijak. SPAM, JUDI!! Otomatis Dihapus!!